RSS

tampilan start menu di ubuntu

Saya hanya akan menjelaskan tentang cara instal Gnomenu dan juga cara merubah start menu default Linux . Untuk mendapatkan Gnomenu, anda bisa download file yang berbentuk .tar.gz di sini. Jika file yang besarnya sekitar 2 MB sudah anda download, ekstrak file tersebut dengan cara klik kanan pada file tersebut, lalu klik extract here. Setelah itu, anda buka file yang telah anda extrak tadi. Sebelum anda instal Gnomenu, anda ketikkan perintah berikut pada terminal

sudo apt-get install python python-xdg python-cairo python-gconf python-xlib deskbar-applet

Anda dapat langsung menginstal Gnomenu melalui terminal.
Caranya adalah, setelah anda masuk dalam folder hasil extrak file gnomenu, klik kanan pada ruang kosong, lalu klik open in terminal.
Ketikkan perintah "sudo make install"

Setelah berhasil menginstal gnomenu, anda restart laptop, komputer atau notebook anda. Setelah anda restart, anda ganti menu standar linux mint dengan gnomenu.

Caranya adalah klik kanan pada menu, lalu remove from panel. Untuk menggantinya, klik kanan pada panel, klik add to panel, lalu klik gnomenu, dan klik add. Letakkan menu tersebut sesuai dengan keinginan anda. Jika muncul konfirmasi untuk restart menu, klik restart, lalu klik reload. Untuk mengganti tampilan start menu, anda bisa klik kanan pada start menu, klik preference. Anda bisa mengganti theme start menu anda menjadi vista, vista black, xp, dan lain-lain. Anda juga bisa mengganti icon start menu dengan icon vista, BW, atau Newstyle.

Untuk start menu, anda bisa menggantinya dengan gambar yang telah tersedia, seperti xp, gnome, dan lain-lain. Setiap anda selesai mengganti theme, icon, atau button start menu pada gnomenu, klik OK, lalu akan muncul konfirmasi restart. Klik yes, dan akan muncul konfirmasi untuk reload, klik reload. Setelah itu, anda bisa menikmati perubahan start menu yang ada pada Linux Mint anda. Gnomenu juga bisa anda gunakan pada Ubuntu anda. Jadi, anda tidak akan merasakan bosan dengan tampilan start menu standar dari Linux Mint 8 Helena atau Ubuntu 9.10 Karmic Koala anda. Semoga saja tips ini akan sedikit berguna bagi anda. Selamat mencoba.

berikut tampilannya :

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar